Thursday, March 10, 2011

Feng Shui

Feng Shui Essential

Istilah Feng Shui diambil dari bahasa mandarin Feng/Fung (angin) dan Shui (air).Angin dan air adalah benda dialam yang memiliki pengaruh kekuatan terhadap kehidupan manusia.Angin tidak dapat dilihat tapi dapat dirasa keberadaannya. Demikian pula air, tidak dapat digenggam wujudnya  tetapi dapat dilihat. Feng Shui menganalisis suatu perhitungan berdasarkan konsep aliran energi disekitar manusia. Pada prinsipnya ,Feng Shui mengajarkan agar manusia hidup seimbangdengan energi lingkungan sekitar manusia beraktivitas serta hidup sehat dan seimbang untuk mendatangkan keberuntungan.

Feng Shui yang merupakan aturan hidup orang cina kuno,sebenarnya adalah perpaduan  antara ilmu pengetahuan,seni dan budaya. Norma-norma Feng Shui memiliki dasar ilmu pengetahuan sehingga sesungguhnya tidak ada aplikasi Feng Shui yang tidak sesuai logika.

Feng Shui The Shape
Bentuk yang terdapat pada ruang atau bangunan menurut Feng Shui sebaiknya dihadirkan melalui bidang geometris yang stabil seperti : bujur sangkar, persegi, lingkaran. Sebaiknya tidak menggunakan bentuk yang tidak seimbang seperti jajaran genjang,trapesium ,dll.

Elemen interior seperti furnitur meja kerja,meja makan, atau meja belajar, bentuk denah ,bentuk bangunan, disarankan yang stabil seperti kotak. Demikian pula desain ruang yang padat aktivitas usahakan supaya stabil, dan tidak terjadi sudut tajam pada pertemuan antara kedua dinding.

Feng Shui The Material
Penggunaan material cenderung sejalan dengan konsep minimalisme.Artinya material tersebut dipasang apa adanya dengan finishing yang tidak terlalu banyak.Warna material pun sebisa mungkin ditampilkan apa adanya.

Feng Shui The Colour

Prinsip Feng Shui adalah kesesuaian antara unsur yang ada.Keseimbangan unsur tersebut merupakan siklus produktif  yaitu : Tanah-Logam-Air-Kayu-Api.
Aplikasi lima unsur ini sebaiknya tidak saling konflik, misalnya kehadiran api dan air ,atau tanah dan kayu.

Balance Shape in Feng Shui

Aplikasi warna secara Feng Shui yang selaras dengan kehidupan modern dapat tercapai misalnya dengan menggunakan warna lembut.Warna lembut didapat dari perpaduan warna dasar (merah,kuning,biru) dengan putih.

Dalam konsep minimalisme,penggunaan sedikit warna selaras dengan ajaran Feng Shui ,setidaknya dapat mengurangi konflik antar unsur. Apalagi warna hitam putih.

Unsur & Warna
Tanah            Broken white, krem
Logam          Abu-abu
Air                Biru muda,biru langit, biru laut
Kayu            Hijau tosca, hijau muda
Api               Pink



2:51 AM by Blogger Master · 0 comments

comments

0 Responses to "Feng Shui"

Post a Comment